Senin, 23 November 2015

Langkah-Langkah Menjalankan Microsoft Power Point

Microsoft Office Power Point merupakan salah satu aplikasi diantara aplikasi-aplikasi office lainnya, seperti Microsoft Word, Excel Acces, dan lainnya. Fungsi Microsoft Power Point biasanya digunakan untuk membuat presentasi.
A. Mengaktifkan/ Menjalankan Microsoft Office Power Point
Ada banyak langkah untuk menjalankan Microsoft Office Power Point tapi pada dasarnya sama. Sebagai contoh dalam hal ini menggunakan Windows Xp Professional office 2003. Langkah-langkah yang dilakukan pada umum adalah :
• Klick Start,
• Pilih All Program
• Pilih Microsoft Office
• Klick Microsoft Office Power Point 2007
Beberapa cara lainnya untuk mengaktifkan Microsoft Office Power Point yaitu dengan melalui tampilan Desktop,  perhatikan gambar A.1 :
Cara I ;
• Klick kanan mouse pada icon Microsoft Office Power Point di tampilan Desktop
• Pilih Open

Gambar A.1
Cara II ;
• Klick icon Microsoft Office Power Point pada tampilan Desktop
• Tekan enter
Cara III ;
Dodle klick icon Microsoft Office Power Point pada tampilan Desktop
Keterangan :
Tata cara membuat, menyimpan, membuka dokumen pada Microsoft Office Power Point sama seperti halnya pada program Microsoft Office Word dan Microsoft Office Excel.
B. Membuat Halaman Baru (Slide) Dalam Sebuah Presentasi
Untuk membuat halaman baru dalam sebuah presentasi dapat dilakukan dengan 2 (dua) cara yaitu melalui Command tab (Menubar) atau dengan cara menggunakan tombol-tombol pada keyboard.
1. Melalui Command tab
Pilih halaman dibagian atas tempat penambahan halaman baru. Misalnya; akan menambah halaman baru diantara halaman 2 dan 3, maka halaman yang dipilih/ diklick adalah halaman 2, lakukan langkah-langkah berikut ini:
• Klick menu Home, lihat tampilan gambar di bawah ini:

• Pilih New Slide
• Klick pada salah satu format halaman yang diinginkan
2. Menggunakan tombol pada keyboard
Pilih halaman dibagian atas tempat penambahan halaman baru. Misalnya; akan menambah halaman baru diantara halaman 2 dan 3, maka halaman yang dipilih/ diklick adalah halaman 2, kemudian tekan tombol CTRL dan M
C. Menghapus Halaman Pada Sebuah Presentasi
Menghapus sebuah halaman pada suatu presentasi juga dapat dilakukan dengan melalui Cammand tab dan juga dapat dilakukan dengan menggunakan tombol pada keyboard.
1. Melalui Command tab
• Pilih halaman yang akan dihapus dengan cara diklick
• Klick menu Home
• Pilih Delete, perhatikan gambar di bawah ini
2. Menggunakan tombol pada keyboard
• Pilih halaman yang akan dihapus dengan cara diklick
• Tekan tombol Delete
D. Menjalankan Presentasi
Menjalankan presentasi dapat dilakukan dengan melalui Tool tab dan juga dapat dilakukan dengan menggunakan tombol pada keyboard.
1. Melalui Tool tab
• Buka/ tampilkan presentasi yang akan dijalankan
• Klick menu View
• Pilih Slide show, perhatikan gambar di bawah ini:
2. Menggunakan tombol pada keyboard
• Buka/ tampilkan presentasi yang akan dijalankan
• Tekan tombol F5
E. Print Out (Pencetakan)
Cara melakukan print out :
• Buka/ tampilkan dokumen yang akan dicetak
• Klick Office button sehingga tampil pilihan-pilihan dari menu Office button, perhatikan lingkaran merah pada gambar di bawah ini:
• Pilih Print, kemudian akan tampil kotak dialog Print seperti tampilan gambar di bawah ini:

• Sesuaikan jenis printer yang akan digunakan pada kotak Name
• Tentukan nomor halaman presentasi yang akan dicetak pada kotak Slide
• Tentukan jumlah cetakan dari tiap halaman pada kotal Number of copies
• Klick OK
F. Design Halaman
Langkah-langkah yang dilakukan sebagai berikut :
– Klick menu Design, kemudian akan muncuk tampilan seperti di bawah ini;
– Pilih salah satu format/ design halaman, untuk menampilkan format halaman lainnya klick tombol more, sehingga muncul tampilan sbb;


Source : https://bintangjenius.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

TIK Kelas 9 SMP N 15 Bandung Template by Ipietoon Cute Blog Design

Blogger Templates