Senin, 23 November 2015

Hyperlink dan Action Pada Powerpoint

Hyperlink adalah sebuah sarana dalam Microsoft Office yang berfungsi untuk menghubungkan halaman kerja satu dengan halaman kerja yang lainnya. Dengan Hyperlink pada powerpoint, kita bisa membuka file berekstensi lain ketika slide dalam kondisi Slideshow, tanpa harus mencari lagi folder dimana file tersebut terletak. Misalnya hyperlink ke file video, lagu, file microsoft word, program, dll. Dan juga bisa menjadi penghubung antar slide didalam sebuah lembar kerja. Hyperlink juga berperan dalam pembuatan Slide Presentasi Yang baik dan Menarik

Penghubung pada Hyperlink bisa berupa text, shape, smartart. Cara insert Hyperlink sangatlah gampang. Cukup dengan memblok text atau object yang akan diberi link. Kemudian klik kanan dan pilih Hyperlink. Maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut.

hyperlink powerpoint
tinggal pilih mau di link kan kemana
Dibagian kiri dapat kita lihat posisinya pada Existing File or Web Page. Pada pilihan ini, kita bisa menghubungkan ke folder atau file lain yang ada dikomputer kita. Pilihlah lokasi tempat folder atau file itu berada.

Kemudian ada pilihan Place in This Document . lihat gambar berikut

hyperlink to other slide
Pilih mau link ke slide berapa. batasannya tergantung jumlah
slide pada lembar kerja
Ini yang palng sering digunakan. Hyperlinknya menuju pada slide didalam satu lembar kerja. Seperti yang terlihat pada gambar. Kita bisa saling terhubung ke slide yang dipilih.  Untuk pilihan Create New Document saya kira tak terlalu penting dijelaskan, karena itu mirip dengan Existing File.

Selanjutnya penggunaan menu Action . Action sebenarnya sama saja dengan Hyperlink. Langkahnya yaitu memblok text atau object yang akan diberi link, kemudian pilih Insert, Action. Maka akan muncul jendela seperti ini :

actio setting powerpoint
Action Setting
Pada kondisi Mouse click kita bisa memilih mau di link kan kemana object tersebut. Pilihannya hampir sama dengan Hyperlink biasa, namun pada Action ini ada fitur tambahannya. Yaitu bisa link to End Show. Artinya jika di klik linknya maka slideshow akan tertutup. Kemudian ada tambahan Play Sound. Yang mana jika kita klik linknya maka akan ada suara sesuai pilihan yang ada.

Posisi mouse click pada Action Setting ini menandakan bahwa hyperlink dijalankan dengan mengklik object yang diberikan link. Sedangkan pada pilihan Mouse Hover, hyperlink langsung berfungsi tanpa harus mengklik object yang diberikan link. Cukup dengan mengarahkan kursor ke object tersebut, maka otomatis akan langsung ngelink.



Source : http://powerpoint-mania.blogspot.co.id/

0 komentar:

Posting Komentar

 

TIK Kelas 9 SMP N 15 Bandung Template by Ipietoon Cute Blog Design

Blogger Templates